Manfaat Lemon Sebagai Pembersih Alami Alat Dapur

Lemon dikatakan sebagai salah satu buah yang memiliki beragam manfaat dan khasiat, dan salah satunya adalah untuk bersih-bersih.

Lemon termasuk buat sitrus, yaitu memiliki asam alami dan berfungsi sebagai pembunuh bakteri, penghilang bau dan noda. Lemon adalah buah yang cocok bagi Anda yang mempunyai gaya hidup "hijau" dengan jarang memanfaatkan produk-produk kimia.

Seperti manfaat lemon yang satu ini, yaitu lemon sebagai pembersih alat-alat dapur rumah tangga yang kerap sulit dibersihkan. Bagaimana caranya dan barang apa saja contohnya? Berikut penjelasannya.

Manfaat Lemon Sebagai Pembersih Alami Alat Dapur

Manfaat Lemon Sebagai Pembersih Alami Alat Dapur



  • Membersihkan lubang wastafel.
Seringkali lubang wastafel mengeluarkan bau tidak sedap jika jarang dibersihkan. Hal ini sebenarnya bisa diatasi dengan cara membersihkan sisa-sisa makanan dari saluran wastafel yang tersumbat dengan bantuan air lemon. Caranya, tuangkan jus dari sebutir lemon ke dalam sebaskom kecil air panas. Tuangkan langsung ke saluran wastafel. Lakukan ini sebulan sekali untuk mengurangi aroma tidak sedap sekaligus mengikis sisa-sisa makanan dan minyak. Jika Anda mempunyai mesin penghancur sisa makanan di dalam wastafel, maka Anda bisa membersihkan dan menyegarkannya dengan kulit lemon. Caranya, potong-potong kulit dari sebutir lemon dan hancurkan di dalam penghancur tersebut.

  • Menghilangkan sisa lemak dan minyak.
Noda sisa minyak goreng atau lemak memang sulit dibersihkan, walaupun kita sudah menggunakan air dan sabun. Untuk mengatasinya gunakan air lemon untuk memudahkan pembersihan. Lalu campurkan air perasan lemon ke dalam campuran air dan detergen pencuci piring, hingga aroma lemon merebak. Gunakan untuk mencuci piring dan panci bekas makanan berlemak atau berminyak. Anda juga bisa menggunakan cara ini untuk membersihkan meja dapur atau talenan dari noda minyak dan lemak, misalnya setelah memotong daging.

  • Memutihkan Kain yang kekuningan.
Air lemon juga bermanfaat dalam membantu mencerahkan handuk, kain lap, serta serbet putih yang telah berwarna kekuningan. Peras lemon hingga airnya menetes ke atas noda-noda kekuningan tersebut. Lalu langsung saja jemur kain tersebut di bawah sinar matahari hingga air lemonnya mengering. Cuci kain-kain seperti biasa. Tergantung dari intensitas nodanya, air lemon biasanya dapat mencerahkan dan bahkan menghilangkan warna kekuningan tersebut.

  • Membersihkan noda membandel di meja dapur.
Meja dapur yang sering digunakan bisa meninggalkan noda setelah beberapa lama, terutama jika Anda memasak setiap hari. Untuk menghilangkannya, manfaatkan air perasan buah lemon hingga airnya menetes ke atas area bernoda, dan ratakan di seluruh bagian noda tertutupi. Diamkan selama lima hingga sepuluh menit. Setelah itu beri taburan sedikit baking soda ke atas lapisan air lemon, lalu gosok noda dengan kain, spons kasar, atau sikat khusus meja dapur. Noda membandel akan menghilang dengan lebih mudah.

  • Mengilapkan permukaan perkakas Tembaga.
Perkakas tembaga seperti teko atau panci memang terlihat unik, akan tetapi setelah sekian lama, permukaan perkakas bisa terlihat kusam. Untuk kembali mengilapkannya, potong sebutir lemon menjadi dua, lalu peras sedikit agar airnya keluar, tetapi tidak sampai menetes. Taburkan garam lumayan banyak tepat di permukaan buah yang terbuka, dan gosokkan ke permukaan perkakas sampai bersih.

  • Membersihkan permukaan Kompor.
Kompor juga bisa cepat kotor dan berminyak jika kita menggunakannya hampir setiap hari. Nah, jika Anda ingin membersihkannya dengan cara alami, gunakan lemon. Peras sebutir lemon, dan saring airnya dengan kain kasa agar butir-butir buah tidak ikut tercampur. Setelah itu, tuangkan jus ke dalam botol penyemprot, lalu tambahkan secangkir air bersih dan secangkir cuka putih. Kocok untuk menciptakan pembersih alami. Semprotkan campuran tersebut ke permukaan kompor, lalu lap dengan kain yang tidak terpakai sampai bersih. Jika permukaan kompor lebih kotor dan berminyak dari biasa, diamkan air lemon dan cuka selama beberapa saat, lalu lap hingga bersih. Campuran lemon dan cuka ini juga bisa Anda gunakan untuk membersihkan permukaan oven, mesin pembuat kopi, blender, dan microwave.

Lemon mungkin tidak bisa memecahkan keseluruhan masalah di dapur, namun jika Anda hanya perlu sedikit solusi praktis yang alami, lemon bisa menjadi pilihan yang serba guna.

Semoga bermanfaat, salam :)

Posted by De Lemon.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Manfaat De Lemon Untuk Mengobati Radang Tenggorokan Lengkap Dengan Testimoni

Tips Menguruskan Berat Badan Dengan Lemon

Tips Memutihkan Gigi Secara Alami Dengan Lemon Dan Baking Soda