Manfaat Royal Jelly Bagi Kesehatan Tubuh Dan Efek Sampingnya

Manfaat Royal Jelly Sebagai Komposisi De Lemon,- Selain madu, propolis, dan sarang lebah yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita, royal jelly atau susu lebah juga sama bermanfaatnya bagi tubuh kita. Sebelum mengetahui manfaatnya, yuk kita simak ulasan singkat tentang royal jelly berikut ini.

Manfaat Royal Jelly Bagi Kesehatan Tubuh Dan Efek Sampingnya

Apa itu Royal Jelly?

Royal jelly merupakan susu yang dihasilkan oleh para koloni lebah madu. Susu hasil sekresi lebah ini juga digunakan sebagai makanan ratu lebah. Banyak dari para peternak lebah yang mengambil royal jelly ini untuk diperjualbelikan karena katanya berkhasiat untuk kesehatan. Sebelum banyak diproduksi sebagai suplemen kesehatan pun, susu lebah atau royal jelly ini telah digunakan untuk berbagai macam obat tradisional, seperti membantu meningkatkan pertumbuhan rambut dan mengurangi kerutan di wajah. Sementara berdasarkan sejarah pengobatan China, susu lebah ini banyak digunakan sebagai minuman untuk membantu panjang umur, mencegah penyakit, serta meningkatkan gairah organ vital.

Susu lebah ini mempunyai kandungan berupa campuran air, kolagen, dan beragam hormon serta enzim. Komponen-komponen itulah yang membuat banyak orang berasumsi jika royal jelly atau susu lebah ini dapat membawa banyak manfaat. Saat ini, royal jelly bisa didapatkan dengan mudah di mana pun. Hasil sekresi lebah ini tersedia dalam berbagai bentuk, mulai dari royal jelly segar, kapsul, campuran minuman kesehatan ataupun bubuk.

Kandungan Nutrisi Pada Royal Jelly.

Royal Jelly atau susu lebah cukup banyak mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan diantaranya karbohidrat, protein, dan lemak, susu lebah juga mengandung banyak nutrisi, salah satunya adalah vitamin B. Beberapa jenis vitamin B yang biasanya ada di dalam makanan lebah ini diantaranta mencakup Tiamin (B1), Riboflavin (B2), Asam pantotenat (B5), Pyridoxine (B6), Niasin (B3), Asam folat (B9), Inositol (B8) dan Biotin (B7).

Mengenal Beberapa Manfaat Royal Jelly Bagi Kesehatan Tubuh.

Manfaat Royal Jelly Bagi Kesehatan Tubuh Dan Efek Sampingnya
  • Meningkatkan imun tubuh, terutama pada alergi.
Dalam sebuah studi yang terbit pada tahun 2001 yang diterbitkan dalam jurnal International Immunopharmacolog menyebut jika royal jelly dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini dikarenakan adanya respons histamin terhadap alergen setelah makan royal jelly bisa ditekan sehingga membantu meringankan gejala alergi. Akan tetapi masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut mengenai manfaat royal jelly dalam mengatasi gejala alergi.
  • Membantu menyembuhkan luka.
Madu sudah lama dikenal baik dalam membantu penyembuhan luka. Hal itu juga juga berlaku pada royal jelly atay susu lebah yang mempunyai manfaat signifikan dalam menyembuhkan luka. Dalam sebuah penelitian untuk menguji manfaat yang satu ini dilakukan dengan cara mengoleskan royal jelly pada luka lalu mendiamkannya selama kurang lebih 48 jam. Hasilnya, luka tertutup dan kering lebih cepat. Tidak hanya itu saja, kadar lipid pada luka juga meningkat sehingga hal ini bisa membuat luka sembuh lebih cepat.
  • Membantu menurunkan tekanan darah.
Royal jelly dikatakan bisa membantu melindungi jantung serta menurunkan tekanan darah di dalam tubuh. Sebelumnya, ada penelitian yang menunjukkan jika terdapat kandungan protein dalam susu lebah atau royal jelly yang mampu mengendurkan sel otot polos pembuluh darah dan arteri. Itulah sebabnya, makanan sang ratu lebah ini juga disebut-sebut bermanfaat dalam menurunkan tekanan darah secara perlahan.
  • Baik bagi perawatan rambut.
Royal jelly telah digunakan untuk meningkatkan kesehatan rambut serta meningkatkan pertumbuhan rambut sejak dulu. Hal ini disebabkan adanya kandungan biotin yang cukup tinggi di dalamnya. Biotin termasuk salah satu jenis vitamin yang dapat memicu keratin yang berguna untuk memicu pertumbuhan rambut.
  • Meningkatkan kadar kolagen untuk kesehatan kulit.
Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Universitas Kyung Hee di Korea Selatan melaporkan jika minum suplemen royal jelly cukup efektif dalam membantu menurunkan risiko penuaan dini pada kulit akibat paparan radiasi sinar UV atau matahari. Efek antipenuaan pada kulit ini dinilai berdasarkan seberapa banyak kolagen dan ketebalan jaringan kulit. Dengan mengonsumsi makanan dari sekresi lebah ini bisa membuat Anda mendapatkan prokolagen tipe I, yang mampu mengurangi efek penuaan dini pada kulit Anda.

Dosis yang tepat untuk konsumsi Royal Jelly.

Royal jelly biasanya bisa kita dapatkan dalam bentuk bubuk atau tablet. Namun peternak lebah dan terapis lebah lebih sering untuk minum susu lebah segar langsung dari sarangnya. Mereka percaya jika menelan langsung susu lebah dapat mempercepat penyerapannya ke dalam darah. Namun, jika Anda konsumsi tablet atau bubuk royal jelly, dosis maksimal yang yang dianjurkan yaitu 50 hingga 300 miligram setiap harinya. Ada baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi susu atau minuman apa pun untuk kesehatan.

Adakah efek samping yang bisa terjadi karena Royal Jelly?

Royal jelly kemungkinan aman bagi orang yang tidak mempunyai alergi terhadap protein madu.  Akan tetapi, bagi mereka yang memiliki alergi, penggunaan royal jelly dapat memicu munculnya reaksi alergi serius seperti asma, bengkak di tenggorokan, serta luka pada usus besar  yang disertai dengan sakit perut dan diare berdarah. Hasil sekresi lebah yang dioleskan ke kulit ini dapat menyebabkan peradangan dan ruam alergi, terlebih ketika dioleskan ke kulit kepala. Berdasarkan pernyataan hasil penelitian dari Institute of Medical Research di Malaysia, alergi susu lebah atau royal jelly bisa menjadi parah dan dalam beberapa kasus bisa mengancam jiwa. Maka dari itu karena ada efek samping yang perlu dikhawatirkan, ada baiknya mengkonsumsi royal jelly tidak sembarangan. Bila perlu konsultasikan terlebih dahulu pada dokter.

Demikianlah selengkapnya tentang penjelasan Manfaat Royal Jelly untuk kesehatan, beserta efek sampingnya. Semoga bermanfaat. Salam :)

Posted by Harga De Lemon.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Manfaat De Lemon Untuk Mengobati Radang Tenggorokan Lengkap Dengan Testimoni

Tips Memutihkan Gigi Secara Alami Dengan Lemon Dan Baking Soda

Tips Menguruskan Berat Badan Dengan Lemon