7 Efek Samping Dari Jus Lemon

7 Efek Samping Dari Jus Lemon,- Biasanya jus lemon kita nikmati kesegarannya, dan mengetahui manfaatnya dapat membantu meningkatkan kesehatan dan kecantikan pada kulit, rambut dll. Dan sebagianb besar orang-orang yang mengkonsumsi jus lemon, menikmatinya dengan campuran air hangat, ataupun air dingin, dengan tambahan sedikit madu.

Manfaat dari jus lemon memang cukup menyehatkan. Di dalam lemon juga dikenal memiliki kandungan Vitamin C yang cukup, serta bermanfaat dalam mendukung sistem pencernaan Anda, membantu memberikan kesegaran pada napas, menahan batu ginjal hingga melembapkan badan. Dengan Anda membiasakan konsumsi jus lemon setiap pagi hari, diklaim dapat menurunkan berat badan. Namun, lebih dari itu Anda juga harus mengetahu bahwa kewaspadaan akan efek samping dari jus lemon yang bisa saja terjadi.

7 Efek Samping Dari Jus Lemon

Berikut ini merupakan 7 Efek Samping Dari Jus Lemon yang bisa saja terjadi pada kita karena konsumsi jus lemon sembarangan atau tidak tepat sesuai aturan dan kebutuhan.
  • Memicu Phytophotodermatitis Sunburn.
Buah-buahan sitrus seperti lemon, jeruk, dan jeruk nipis bisa menyebabkan sensitivitas kulit gara-gara cahaya matahari yang disebut sebagai phytophotodermatitis. Kondisi ini bisa terjadi ketika tetesan jus lemon bersentuhan dengan kulit secara langsung, tetapi hal ini hanya akan menyebabkan reaksi saat kulit terkena cahaya matahari dan menyebabkan kulit terbakar dalam beberapa waktu dibawah cahaya matahari, seperti menurut sebuah analisis.
  • Sering buang air kecil dan mengalami dehidrasi.
Vitamin C juga berisiko diuretik yang artinya mendukung membuang keunggulan air dari badan melalui produksi urin. Hal ini tentu saja menyebabkan Anda menjadi lebih sering buang air kecil. Di bagian lainnya, Anda mungkin akan merasakan dehidrasi setelah terlalu banyak mengonsumsi jus lemon. Mulailah untuk mengurangi konsumsinya.
  • Menyebabkan gastritis.
Terlalu banyak jus lemon yang masuk kedalam tubuh kita memicu badan tidak bisa menyerap semua Vitamin C dan kehilangan keseimbangannya. Buah citrus seperti lemon ataupun jeruk nipis berisiko untuk menyebabkan gastritis. Kondisi tersebut ditandai dengan terjadinya peradangan di susunan perut dengan problem pencernaan, sakit perut, mulas serta gejala yang lain.
  • Mengakibatkan serangan migrain.
Minum jus lemon secara berlebihan membuat kondisi migrain Anda justru lebih memperburuk. Hal ini karena lemon memiliki kandungan asam amino yang disebut tyramine dan bisa mengakibatkan serangan migrain.
  • Pemicu GERD dan mulas.
Minus jus lemon berlebihan juga berisiko dalam mengiritasi susunan kerongkongan serta lambung Anda, hingga menyebabkan mulas atau refluks asam (GERD). GERD terjadi saat asam di lambung naik ke kerongkongan dan menyebabkan mulas. Makanan asam seperti lemon memang bisa menyebabkan seseorang mulas dengan aktifkan enzim pepsin lambung, yang memikul tanggung jawab untuk memecah protein.
  • Meluruhkan enamel gigi.
Saat Anda mengisap sayatan lemon, gigi akan berasa peka. Hal ini karena asam askorbat menyentuh enamel gigi Anda. Jus lemon diketahui mempunyai pH pada 2 dan 3, jadi saat asam askorbat bekerja pada kalsium dalam enamel gigi, kondisi tersebut akan menyebabkan erosi pada gigi. Terkecuali itu, jus lemon juga bisa menyebabkan kerusakan gigi.
  • Memperburuk kondisi tukak lambung.
Lagi-lagi akibat konsumsi jus lemon yang berlebihan bisa memperburuk kondisi tukak lambung dan mungkin butuh waktu lebih lama untuk segera pulih. Hal ini dapat berakibat pada munculnya sakit hebat di perut.
  • Rekomendasi jus lemon yang bisa dikonsumsi perhari.
Minum jus lemon menyehatkan untuk tubuh, terlebih jika dikonsumsi dengan dicampur air hangat dan tambahan madu. Anda bisa mengkonsumsinya tidak lebih dari 2 lemon sehari, serta 3 gelas jus lemon encer sudah cukuplah perharinya.

Kesimpulan yang bisa diambil yaitu, konsumsi jus lemon boleh-boleh saja namun jangan berlebihan. Sebab jika konsumsi jus lemon terlalu berlebihan Anda mungkin akan mengalami salah satu dari 7 Efek Samping Dari Jus Lemon.

Semoga bermanfaat, salam sehat :)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Manfaat De Lemon Untuk Mengobati Radang Tenggorokan Lengkap Dengan Testimoni

Tips Menguruskan Berat Badan Dengan Lemon

Tips Memutihkan Gigi Secara Alami Dengan Lemon Dan Baking Soda