Manfaat Konsumsi Buah Sitrus Untuk Lansia

Manfaat Konsumsi Buah Sitrus Untuk Lansia,- Kita mengenal buah-buahan sitrus diantaranya jeruk, lemon, jeruk nipis dan lainnya mempunyai rasa asam-manis menyegarkan serta bermanfaat untuk kesehatan. Dengan konsumsi buah-buahan jenis sitrus tersebut, Anda akan mendapat asupan nutrisi yang dibutuhkan tubuh, seperti vitamin, serat diet, mineral yang keseluruhannya bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan pada tubuh dan juga energi.

Manfaat Konsumsi Buah Sitrus Untuk Lansia


Manfaat dari buah-buahan tersebut tidak mengenal usia, termasuk pada lansia. Buah-buahan yang masih termasuk buah sitrus diantaranya lemon, jeruk, jeruk nipis, grapefruit dan lainnya justru bermanfaat untuk lansia karena memberikan asupan vitamin dan juga mineral. Selain itu, ada sejumlah manfaat yang bisa didapat jika para lansia mengkonsumsi buah-buahan sitrus, yaitu :
  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
Vitamin C dalam buah sitrus efektif meningkatkan kekebalan tubuh. Dengan begitu, para lansia yang mengonsumsi buah sitrus akan menurunkan risiko penyakit seperti flu dan sebagainya. Vitamin C juga mengandung banyak antioksidan yang membantu menyerap kalsium serta penting untuk fungsi sistem kekebalan tubuh.
  • Menurunkan risiko serangan jantung.
Terdapat penelitian yang membuktikan jika efisiensi buah sitrus dapat menurunkan tekanan darah tinggi, serangan jantung, stroke, dan lain-lain. Hal ini dikarenakan adanya kandungan senyawa potasium di dalamnya. Potasium cukup penting dalam menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit tubuh agar organ penting seperti jantung, ginjal, saraf, dan otot dapat berfungsi dengan baik. Inilah salah satu alasan mengapa mengonsumsi buah sitrus sangat penting bagi manula.
  • Mengontrol berat badan.
Buah-buahan sitrus selama ini dikenal sebagai buah yang baik untuk menurunkan berat badan. Saat usia semakin menua, metabolisme tubuh nantinya akan semakin melambat dan membuat semakin banyak lemak menumpuk. Karena itu, disarankan untuk mengonsumsi buah-buahan sitrus yang rendah kalori dan kaya akan serat diet sangat baik untuk mengontrol berat badan kaum lansia.
  • Menyehatkan sel.
Saat berusia 50 tahun, akan ada banyak penurunan kesehatan yang dialami oleh kaum lansia. Dan buah-buahan sitrus nantinya dapat membantu mencegah dari risiko penurunan kesehatan serta terhindar dari beragam jenis penyakit yang mengancam. Buah sitrus juga asam folat yang penting untuk menjaga kesehatan sel dan pertumbuhannya. Asam folat juga membantu Anda tetap aktif dan merasa muda di usia 50 tahunan.
  • Penyakit kronis.
Buah-buahan sitrus mempunyai kandungan flavonoid di dalamnya yang bisa membantu merawat serta mencegah penyakit kronis seperti obesitas, diabetes, penyakit jantung, hingga kanker. Hesperidin, merupakan salah satu flavonoid penting dalam tubuh juga sangat efektif dalam mengontrol tekanan darah, kadar kolesterol, serta pertumbuhan tumor. Selain itu, Naringin yang terdapat dalam Grapefruit juga meningkatkan metabolisme lemak dan melindungi tubuh dari radikal bebas.

Nah, dengan mengenal manfaat dari buah-buahan sitrus baik Anda kaum lansia dan semua kalangan usia boleh untuk memulai konsumsi buah-buahan sitrus entah itu jeruk, jeruk nipis, lemon, dll.

Semoga informasi diatas bermanfaat untuk Anda. Salam.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Manfaat De Lemon Untuk Mengobati Radang Tenggorokan Lengkap Dengan Testimoni

Tips Memutihkan Gigi Secara Alami Dengan Lemon Dan Baking Soda

Tips Menguruskan Berat Badan Dengan Lemon