Mengulik Manfaat Kulit Jeruk Untuk Kesehatan

Saat kita memakan buah jeruk, tentunya kulitnya akan dibuang kan? Nah, untuk selanjutnya sepertinya hal ini tidak akan terjadi lagi. Sebab, di dalam kulit jeruk juga sama bermanfaatnya seperti buah jeruk. Ya, yang kita ketahui dalam buah jeruk terdapat kandungan vitamin. Lalu bagaimana dengan kulitnya?

Diketahui jika ternyata di dalam kulit jeruk terdapat kandungan minyak atsiri. Minyak ini merupakan jenis nabati yang dapat berubah mengental jika ditempatkan didalam suhu ruangan. Bau yang muncul dari minyak atsiri ini benar-benar khas, minyak ini biasa digunakan sebagai bahan dasar pembuatan minyak gosok alami untuk berbagai pengobatan dan penyembuhan.

Mengulik Manfaat Kulit Jeruk Untuk Kesehatan

Kulit jeruk juga dapat digunakan sebagai pembuatan bibit minyak wangi. Minyak atsiri pada kulit jeruk juga bermanfaat untuk menstabilkan sistem syaraf sehingga bagi siapa saja yang menghirupnya akan merasa tenang atau rileks.

Keunggulan lainnya yang dimiliki kulit jeruk yaitu di dalamnya mengandung senyawa limonen yang ternyata dapat melancarkan peredaran darah, mengatasi rasa sakit di tenggorokan akibat gangguan radang atau batuk serta mencegah berkembang biaknya sel kanker dalam tubuh. Zat lain yang terkandung dalam kulit jeruk juga meliputi kandungan lonalol, linalil dan terpinol yang bermanfaat sebagai penenang. Kulit jeruk disebut mempunyai kandungan senyawa yang dapat digunakan sebagai zat anti nyamuk yaitu sitronela. Aroma dari minyak atsiri yang menyengat juga dapat mengusir nyamuk.

Mengulik Manfaat Kulit Jeruk Untuk Kesehatan.


  • Menghilangkan bau pada mulut.
Bau mulut seringkali mengganggu kenyamanan dalam berinteraksi. Selain tidak nyaman, bau mulut juga menyebabkan kurang PD-nya kita dalam memulai aktifitas. Terlebih jika aktifitas yang berkaitan dengan orang lain, hal ini benar-benar sangat mengganggu kenyamanan. Salah satu manfaat dari kandungan kulit jeruk adalah dapat mengatasi bau mulut yang menyengat. Cukup kunyah sedikit saja kulit jeruk beberapa saat. Bau mulut itu akan segera mereda.

  • Mengobati keluhan batuk.
Mengobati batuk dengan cara alami pada umumnya dilakukan dengan menggunakan perasan jeruk nipis dicampur dengan kecap. alternatif lain yang bisa bisa menggunakan rebusan kulit jeruk kering. Caranya yaitu dengan merebus kira-kira 5 gram kulit jeruk yang sudah dikeringkan terlebih dahulu lalu tambahkan dengan dua gelas air. Rebuslah kurang lebih 10 – 15 menit, setelah itu tambahkanlah gula merah atau jahe yang sudah dikupas. Minumlah rebusan ini untuk mengobati batuk secara teratur.

  • Mengatasi alergi.
Kulit jeruk juga berguna untuk mengatasi alergi. Orang-orang tertentu yang muncul reaksi alergi setelah konsumsi makan-makanan laut seperti udang, ikan, kerang ditandai dengan gatal-gatal pada kulit mereka. Untuk mengatasinya, rebuslah kulit jeruk lalu minum airnya. Air rebusan dari kulit jeruk ini berguna untuk mengatasi alergi.

  • Mengobati sakit di perut dan mengatasi muntah.
Selain mengatasi alergi, rebusan dari kulit jeruk juga berguna untuk mengobati perut kembung hingga muntah-muntah. Jika Anda termasuk orang yang mempunyai masalah dengan mabuk perjalanan, cobalah dengan cara tersebut. Sebelum berangkat melakukan perjalanan, cobalah untuk merebus potong-potongan kulit jeruk kemudian minumlah airnya. Rasakanlah perbedaannya dengan perjalanan Anda yang dulu-dulu.

  • Mengobati radang pankreas.
Manfaat dari kulit jeruk yaitu mengobati radang pankreas. Tidak banyak orang yang tahu dengan fakta yang satu ini. Untuk membuatnya Anda bisa merebus kulit jeruk kira-kira sebanyak 30 gr  yang masih segar dicampur dengan akar manis sebanyak 10 gr. Setelah selesai minumlah air rebusannya. Air rebus campuran kulit jeruk dan akar manis ini berguna untuk mengobati radang pankreas.

  • Mengobati sembelit.
Manfaat dan kegunaan dari kulit jeruk juga dapat mengobati sembelit atau susah buang air besar. Cara memanfaatkannya yaitu dengan merebus 6 hingga 12 gram kulit jeruk segar kurang lebih selama 10 – 15 menit. Setelah selesai minum air rebusannya. Dan untuk hasil yang lebih maksimal bisa melakukannya secara rutin sehari dua kali masing-masing minum satu gelas.

  • Mengatasi sesak nafas dan radang tenggorokan.
Manfaat dan kegunaan dari kulit jeruk yang lainnya yaitu berguna dalam mengatasi sesak nafas serta gangguan radang tenggorokan. Ambil kulit jeruk lalu potong-potong, masukkan kedalam gelas lalu tambahkan gula, kemudian tuangkan air panas. Diamkan kurang lebih selama 10 menit dalam keadaan tertutup. Setelah hangat minumlah airnya. Air dari seduhan kulit jeruk ini berguna untuk mengobati sesak nafas dan radang tenggorokan.

  • Mengobati bronkitis.
Kulit jeruk juga berguna dalam membantu mengobati penyakit bronkitis. Bronkitis merupakan penyakit radang kronis pada saluran paru-paru atau pernafasan. Penyakit ini dapat diobati dengan seduhan kulit jeruk. Caranya yaitu dengan Anda menyeduh kira-kira 5 – 10 gr kulit jeruk dalam gelas. Lalu diamkan beberapa saat dan minum airnya. Untuk hasil yang maksimal lakukan lah secara rutin.

  • Sebagai campuran air untuk mandi.
Karena kulit jeruk ini beraroma wangi natural, jadi sangat baik jika digunakan untuk campuran air mandi. Cukup campurkan kulit jeruk yang masih segar ke dalam air hangat yang akan digunakan untuk mandi. Kulit jeruk ini akan bermanfaat untuk membuat tubuh wangi natural, yang secara otomatis juga akan menghilangkan bau badan tidak sedap.

Itu dia seluruh rangkaian dari Manfaat Kulit Jeruk Untuk Kesehatan. Semoga dapat bermanfaat untuk Anda. Salam :)

Komentar

  1. AJO_QQ poker
    kami dari agen poker terpercaya dan terbaik di tahun ini
    Deposit dan Withdraw hanya 15.000 anda sudah dapat bermain
    di sini kami menyediakan 8 permainan dalam 1 aplikasi
    - play aduQ
    - bandar poker
    - play bandarQ
    - capsa sunsun
    - play domino
    - play poker
    - sakong
    -bandar 66 (new game )
    Dapatkan Berbagai Bonus Menarik..!!
    PROMO MENARIK
    di sini tempat nya Player Vs Player ( 100% No Robot) Anda Menang berapapun Kami
    Bayar tanpa Maksimal Withdraw dan Tidak ada batas maksimal
    withdraw dalam 1 hari.Bisa bermain di Android dan IOS,Sistem pembagian Kartu
    menggunakan teknologi yang mutakhir dengan sistem Random
    Permanent (acak) |
    Whatshapp : +855969190856

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Manfaat De Lemon Untuk Mengobati Radang Tenggorokan Lengkap Dengan Testimoni

Tips Memutihkan Gigi Secara Alami Dengan Lemon Dan Baking Soda

Tips Menguruskan Berat Badan Dengan Lemon