Tips Diet Sehat Yang Aman Untuk Menurunkan Berat Badan

Jika Anda memiliki keinginan untuk membentuk atau mempunyai berat badan ideal, memang tidak boleh hanya dilakukan sekedar mengurangi makan saja. Anda juga harus pintar memilih strategi yang tepat ketika memilih diet agar berjalan mulus tanpa hambatan. Karena dalam beberapa kasus, diet yang asal-asalan dan tidak sehat justru malah membuat angka timbangan melonjak drastis. Perlu Anda ketahui bahwa diet yang salah juga malah akan membahayakan kesehatan tubuh. Lantas, bagaimana cara diet sehat yang aman dan menurunkan berat badan tanpa membahayakan kesehatan?

Tips Diet Sehat Yang Aman Untuk Menurunkan Berat Badan


Ketahui Terlebih Dahulu, Karena Diet Bukan Berarti Dapat Menurunkan Berat Badan.

Diet memang umum diartikan sebagai salah satu cara menurunkan berat badan, yaitu dengan mengurangi porsi makan atau membatasi konsumsi makanan tertentu. Selain itu, diet juga dianggap hanya harus dijalani oleh orang-orang yang mempunyai berat badan berlebih. Padahal sebenarnya dari pengertian diet itu sendiri kurang tepat. Diet yang sebenarnya bukan bertujuan untuk menurunkan berat badan. Tetapi Diet adalah kebiasaan makan yang menjadi gaya hidup. Jika Anda selama ini terbiasa konsumsi makan-makanan manis, bisa dibilang Anda menjalani diet tinggi gula. Bagi Anda yang terbiasa banyak makan buah dan sayur, Anda sedang berdiet tinggi serat.

Diet dalam artian sebenarnya bisa diartikan sebagai pola makan bergizi seimbang untuk meraih banyak tujuan berbeda, tergantung dari masing-masing individu. Ada yang melakukan diet memang untuk menurunkan berat badan, menaikkan berat badan, menjaga kesehatan, memulihkan kesehatan setelah sakit, atau mengelola kondisi kesehatan tertentu. Dilihat dari definisi diet yang begitu luas dan beragam, maka sekarang kita dapat meluruskan anggapan kuno bahwa diet hanya boleh dijalani orang gemuk. Setiap orang dari segala kalangan dan rentang usia, laki-laki, perempuan, bayi, anak-anak, remaja, dewasa, hingga lansia boleh berdiet. Hanya saja, Anda perlu tahu cara diet yang sehat. Dengan pola makan yang sehat dan seimbang membantu setiap organ tubuh bekerja lebih efisien. Jika nutrisi dalam tubuh tidak tercukupi dengan baik, metabolisme tubuh akan menurun sehingga membuat Anda jadi lebih gampang sakit dan mengalami perubahan berat badan secara drastis.

  • Aturan diet sehat agar turun berat badan.
Jika tujuan utama Anda memang menurunkan berat badan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum mulai rencana diet. Diet untuk memangkas berat badan tidak sesulit yang Anda bayangkan, kok! Jika Anda menerapkan aturan sehat seperti di bawah ini, bukan hanya berat badan ideal yang dapat Anda dapat. Dalam jangka panjang, diet juga akan membantu Anda terhindari dari berbagai penyakit kronis.

  • Pilih makanan yang tepat.
Jika selama ini Anda terbiasa makan makanan berlemak, berminyak, asin, atau manis, sebaiknya dengan perlahan tukar menu makan Anda dengan yang lebih sehat. Pemilihan jenis makanan yang tepat memegang peran penting untuk menjamin kesuksesan diet Anda. Pilihlah jenis makanan yang bisa mendukung rencana diet sehat Anda di antaranya adalah sayur dan buah segar, daging merah dan putih tanpa lemak, ikan, kacang dan biji-bijian, susu dan produk susu rendah lemak, dan makanan kaya pati resisten. Tips diet sehat ini dapat Anda lakukan dengan menghindari konsumsi makanan yang berlemak serta memiliki kandungan gula tinggi. Tidak hanya itu, hindari jenis makanan kemasan seperti gorengan karena makanan seperti itu hanya akan menggagalkan diet sehat Anda saja.

  • Mengatur porsinya.
Semua makanan tetap dibutuhkan tubuh, Anda tinggal mengatur porsinya dengan baik. Diet yang sehat bukan berarti Anda harus memangkas porsi makan sampai seminimal mungkin. Kuncinya yaitu makan sesuai dengan kebutuhan kalori perhari. Ingat, dengan menjaga asupan kalori tetap penting agar semua fungsi tubuh dapat terus berjalan secara optimal. Bagaimana cara menghitung kebutuhan kalori harian saat diet? Sebenarnya tidak ada aturan khusus tentang perhitungannya. Total kebutuhan kalori setiap orang berbeda-beda. Namun jika sedang berencana menurunkan berat badan, idealnya Anda perlu mengurangi 500 kalori setiap hari. Dengan pengurangan ini, Anda dapat kehilangan 0,5-1 kg berat badan perminggu.

Untuk menerapkan diet sehat, ingat agar Anda harus memenuhi semua zat gizi yang diperlukan tubuh dalam satu porsi makan. Pastikan ada sumber karbohidrat (makanan pokok), lauk protein (hewani atau nabati), serat, vitamin dan mineral, juga lemak sehat, dari lauk sayuran. Jangan lupa selipkan satu mangkuk buah-buahan sebagai camilan di antara waktu makan. Selalu perhatikan porsi makan Anda. Idealnya, bagi piring Anda menjadi 4 bagian. Seperempat untuk daging atau sumber protein Anda, seperempat lagi untuk karbohidrat, dan dua perempat terakhir untuk sayuran hijau dan berwarna-warni. Hindari makanan berat yang berlemak atau makanan tinggi gula ketika makan malam agar berat badan Anda tetap terkontrol dengan baik. Lebih detilnya Anda bisa menyesuaikannya dengan prinsip gizi seimbang. Kalau masih kesulitan, sebaiknya konsultasikan lebih lanjut bersama ahli gizi terpercaya.

  • Buat jadwal makan teratur.
Banyak yang beranggapan jika diet akan lebih cepat membuahkan hasil jika kita tidak makan dalam waktu tertentu, misalnya tidak sarapan, atau tidak makan siang, dan tidak makan malam. Namun sebenarnya cara diet seperti ini salah. Setiap waktu makan itu penting bagi Anda. Melewatkan waktu makan justru dapat membuat Anda menjadi lebih mudah merasa lapar, gula darah naik-turun drastis, dan semakin stres yang kesemuanya ikut andil mengacaukan rencana diet sehat Anda. Tidak apa untuk makan 3 kali sehari asalkan dengan memerhatikan aturan porsi di atas. Jika ingin mengurangi porsi makan, Anda bisa membagi 3 waktu makan besar menjadi 6 kali makan sepanjang hari dengan porsi yang lebih kecil. Kuncinya, yaitu dengan menghindari makanan tinggi lemak serta tinggi kalori. Pastikan Anda selalu sarapan dengan makanan yang tinggi protein dan serat agar bisa tetap kenyang hingga siang hari.

  • Mengurangi asupan gula dan garam.
Selain mengatur porsi menunya, Anda juga harus lebih bijak dalam membatasi konsumsi garam, gula, lemak trans, dan minyak. Banyak orang sering meremehkan cara diet sehat seperti ini. Padahal, dengan kita mengurangi porsi gula, garam, minyak, dan lemak adalah salah satu kunci kesuksesan diet sehat yang juga menjamin kesehatan Anda dalam jangka panjang. Makanan tinggi gula, garam, minyak, dan lemak juga berkalori tinggi buruk bagi tubuh. Ingat, makanan berkalori tinggi adalah awal mula berbagai masalah kesehatan, dari kenaikan berat badan, diabetes, hipertensi, kolesterol tinggi, hingga penyakit jantung. 

Bahkan Kementerian Kesehatan RI merekomendasikan kita untuk membatasi porsi gula, garam, dan lemak dengan prinsip G4G1L5 agar lebih mudah diingat. Panduannya yaitu, gula 4 sdm perhari, garam 1 sendok teh perhari, dan lemak sebanyak 5 sendok makan perhari. Sebagai langkah mengurangi gula, Anda bisa mengganti gula pasir atau gula murni dengan pemanis rendah kalori.

  • Menjadikan olahraga sebagai kebutuhan.
Olahraga merupakan cara diet sehat yang paling mudah untuk Anda lakukan. Dengan mengatur porsi makan saja tidak akan membuat diet Anda sukses terlebih untuk menurunkan berat badan jika tidak diimbangi dengan berolahraga rutin. Hal ini dikarenakan tubuh Anda tetap perlu membakar ekstra kalori yang masuk ke dalam tubuh, sekaligus juga membentuk otot. Kalau bukan dengan olahraga, dengan cara apa lagi lemak tubuh bisa dihilangkan? Jadi, mulailah membiasakan diri untuk olahraga secara rutin setidaknya 30 menit tiap hari. Untuk langkah awal, Anda bisa berjalan-jalan santai atau jogging selama 30 menit di area rumah.  Mulai sekarang jadikan olahraga sebagai kebutuhan, bukan lagi kewajiban.

  • Menjauhi kebiasaan buruk.
Selain mulai mengatur pola makan dan berolahraga rutin, rencana diet Anda akan berjalan lebih baik jika dibarengi dengan menerapkan pola hidup yang sehat secara keseluruhan. Apa saja pola hidup yang baik itu? Ada berbagai cara yang dapat Anda lakukan. Misalnya tidur cukup 7 sampai 8 jam permalam, dan hindari lembur serta begadang. Selain itu, hindari konsumsi alkohol dan jangan merokok. Hal-hal tersebut akan membantu diet sehat Anda berjalan mudah.

Demikianlah selengkapnya mengenai Tips Diet Sehat Yang Aman Untuk Menurunkan Berat Badan. Semoga dapat bermanfaat untuk Anda, salam :)

Komentar

  1. Numpang promo ya Admin^^
    ajoqq^^com
    mau dapat penghasil4n dengan cara lebih mudah....
    mari segera bergabung dengan kami.....
    di ajoqq^^com...
    segera di add Whatshapp : +855969190856

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Manfaat De Lemon Untuk Mengobati Radang Tenggorokan Lengkap Dengan Testimoni

Tips Memutihkan Gigi Secara Alami Dengan Lemon Dan Baking Soda

Tips Menguruskan Berat Badan Dengan Lemon